Tari Jaipong atau pula dikenal dengan Jaipongan telah menghantui, tidak hanya pada Jawa Barat (Jawa Barat) tetapi jua pada daerah lain pada tanah air yang banyak dihuni sang masyarakat Sunda.

Keanekaragaman tari di Indonesia tidak hanya sebagai khasanah budaya, namun pula waktu ini menarik minat wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. spesifik buat seni serta budaya Sunda, terdapat beberapa jenis tarian yg cukup dikenal warga Indonesia. Berikut lima jenis tarian Sunda populer yang dirangkum

Tari Jaipong

Tari Jaipong atau jua dikenal dengan Jaipongan sudah menghantui, tidak hanya di Jawa Barat (Jawa Barat) tetapi juga di wilayah lain pada tanah air yang banyak dihuni oleh masyarakat Sunda.

Tarian ini bisa mengkategorikan menjadi tari modern, karena lahir asal tarian tradisional yg telah diperbaharui. Tarian ini sangat populer pada seluruh tanah air. tidak heran Jika tarian ini disukai oleh rakyat.

Tari Rampak Gendang

Tarian ini telah tidak asing lagi bagi warga Indonesia, bahkan jenis tarian ini sudah sampai pada Amerika. Secara khusus, mahasiswa Amerika tiba ke Indonesia buat belajar tari Sunda yg mempunyai gerakan enerjik ini. tidak hanya ihwal pergerakannya tetapi pula sejarahnya.

Tari Topeng

Cirebon adalah galat satu wilayah yang tak jarang menyuguhkan tari topeng. Tarian ini tentunya mempunyai keunikan berupa topeng yg dikenakan oleh penarinya. Keunikan inilah yg menghasilkan tarian ini praktis diingat.

Tari Wayang

keliru satu tarian tradisional pada Jawa Barat artinya tari wayang yang mulai dikenal warga pada masa Kesultanan Cirebon di abad ke-16 oleh Syekh Syarif Hidayatullah, yang kemudian disebarkan sang para artis keliling yg tiba ke Sumedang, Garut, Bogor. , Bandung, dan Tasikmalaya.

Tari Keurseus

Awalnya dikenal menggunakan tari tayub atau tayuban artinya tarian yang dibawakan sang orang-orang seram (pejabat).

Pada tahun 1905-1913, Wirakoesoemah belajar seni tari pada Uwanya, Rd. Hj. Koesoemaningroem, penari di Kabupaten Sumedang dan pernah belajar pada Sentana (Wentar), seseorang seniman topeng asal Palimanan, Cirebon pada tahun 1914.

berasal studi seni tari, dia menyusun dan merapikan tarian Tayub yang di masanya tak jarang dibawakan sang penari yg terpengaruh minuman keras dan menari tanpa gerakan dasar.

 

Demikianlah tiga jenis tarian sunda yang sudah terkenal. 5 tarian di atas sudah bisa mencuri hati masyarakat tidak hanya warga Sunda yang kurang, namun juga rakyat Indonesia di umumnya.